BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 21 Februari 2010

Kemampuan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan seorang manajer

Hard skill adalah kemampuan seseorang yang secara nyata dapat diketahui, bersifat teknis dan biasanya tertulis pada biodata atau CV seseorang yang mencakup pendidikan, pengalaman, dan tingkat keahlian (teknis).
Soft skill merupakan keterampilan personal yaitu keterampilan khusus yang bersifat non teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar yang baik, dan negosiator. Soft skill bisa dikatakan sebagai keterampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah kelompok.
Soft skill merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, kepekaan / kepedulian, serta optimisme. Soft skill tersebut mencakup:
1.kualitas pribadi, misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran.
2.keterampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

Kemampuan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan seorang manajer adalah :
1.keterampilan teknis.
Manajer lini pertama, maupun kebanyakan manajer menengah sangat terlibat dalam segi - segi teknis operasi perusahaan. Kemampuan teknis mencakup pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus tertentu.
2.keterampilan manusiawi.
Keterampilan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain baik secara perorangan maupun sebuah kelompok merupakan sebuah kemampuan manusiawi. Karena manajer langsung berurusan dengan orang - orang.
3.keterampilan konseptual.
Manajer juga harus mampunyai kemampuan untuk berpikir dan menggagas keadaan - keadaan abstrak. Mereka harus mampu melihat organisasi itu sebagai sebuah keseluruhan dan kaitan - kaitannya diantara berbagai macam sub unit dan untuk membayangkan bagaimana organisasi tersebut masuk ke dalam lingkungan yang lebih luas.

Manajemen Strategi

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
Strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan (stakeholder).
Manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang yang mana ruang lingkupnya terdiri atas pengamatan lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang), implementasi strategi serta pengendalian.

Minggu, 14 Februari 2010

Fenomena Sidoarjo

Luapan lumpur Lapindo di Sidoarjo,Jawa Timur sudah terjadi kurang lebih 5 tahun. Peristiwa itu terjadi karena pengeboran minyak yang dilakukan terus menerus dan akhirnya mengakibatkan lapisan tanahnya kosong.
Berbagai cara dilakukan diantaranya pembuatan tanggul disekitar luapan lumpur,mengalirkan lumpur tersebut ke sungai,mengungsikan masyarakat sekitar ke tempat yang lebih aman. Dampak peristiwa ini salah satunya adalah perekonomian di daerah tersebut berhenti karena sekolah,rumah,sawah,pabrik,peternakan,perkebunan kini sudah tertutup lumpur.
Ganti rugi yang diberikan dari perusahaan tidak sepenuhnya dibayarkan,sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sedangkan bantuan sudah tidak ada lagi. Semakin lama luapan lumpur semakin meluas dan pembuatan tanggul kurang efektif karena apabila hujan terus menerus tanggul tersebut bisa jebol dan tidak kuat menampung lumpur yang melebihi kapasitas.
Penelitian telah dilakukan oleh beberapa pihak sampai dari luar negeri,karena peristiwa ini jarang sekali terjadi. Dari luar negeri sampai membuat film tentang ini dan dilakukan pemutaran di Australia. Hal ini membuktikan bahwa lumpur lapindo mendapat perhatian dari berbagai pihak.
Keadaannya sekarang sudah sangat mengkhawatirkan karena dalam beberapa tahun kemudian daerah Sidoarjo bisa menghilang karena wilayahnya sudah ditutupi lumpur. Dan usaha yang telah dilakukan untuk membendungnya hanya memperlambat perluasan karena lumpur tersebut tidak bisa dihentikan sampai saaat ini.

Perlukah dinaikkan?

Baru 100 hari kerja Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 berjalan tetapi sudah ada rencana untuk menaikkan gaji pejabat. Apakah hal itu penting untuk saat ini? disaat rakyat Indonesia masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan.
Seharusya dana yang sudah disediakan dapat dialokasikan untuk hal yang lebih tepat sasaran seperti fasilitas kesehatan,pendidikan,pembukaan lapangan pekerjaan,perbaikan jalan/fasilitas umum lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat karena uang itu merupakan uang rakyat juga.
Kenaikan gaji tersebut boleh saja diberikan tetapi sesuai dengan kinerja para pejabat,bisa dikatakan bonus terhadap prestasi atas pekerjaannya. Selayaknya rencana tersebut dipikir ulang kembali,karena saat ini gaji mereka pun sudah cukup dengan beberapa fasilitas yang diterima.

Akhirnya Vonis itu Dijatuhkan

Setelah melalui proses persidangan yang cukup lama akhirnya tanggal 10 Februari 2010 di PN Jakarta Selatan yang lalu,berlangsung pembacaan vonis 18 tahun penjara yang sebelumnya dituntut hukuman mati oleh jaksa penuntut terhadap terdakwa kasus pembunuhan Direktur PT.Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen. Hakim ketua menyatakan Antasari terbukti bersalah menganjurkan pembunuhan terhadap Nasrudin.
Hal memberatkan menurut majelis hakim,perbuatan Antasari telah membuat anak-anak korban kehilangan ayahnya. Selain itu,ia adalah penegak hukum yang seharusnya mengerti akibat yang dilakukannya. Sementara hal yang meringankan diantaranya sopan selama persidangan,belum pernah dihukum,berjasa dalam pemberantasan korupsi.
Terhadap tiga terdakwa lainnya adalah Sigid Haryo Wibisono,Wiliardi Wizar,Jerry Hermawan Lo dalam persidangan terpisah di PN Jakarta Selatan,majelis hakim memutuskan baersalah dan masing-masing dijatuhkan 15 tahun,12 tahun dan 5 tahun penjara. Bagi keluarga korban vonis tersebut sangat ringan. Seharusnya mereka semua itu di hukum mati agar adil bagi keluarga. Sementara itu,para terdakwa akan melakukan proses banding terhadap putusan yang sudah dijatuhkan.
Kalau terbukti bersalah siapapun harus mendapatkan hukuman sesuai dengan kejahatan yang telah dilakukannya. Sudah sepatutnya,kita sebelum melakukan sesuatu harus memikirkan dampaknya bagi diri sendiri,orang lain dan lingkungan sekitar.

Maraknya Pembobolan ATM

Maraknya pemberitaan diberbagai media yang lalu menyoroti masalah tentang pembobolan ATM di bebagai daerah. Sungguh sangat mengejutkan kenapa ini bisa terjadi? masih teringat dalam pikiran kita masalah Bank Century yang belum terselesaikan dan saat ini masyarakat sudah dihadapkan dengan masalah perbankan yang baru.
Akibat masalah ini, timbul ketakutan dan kecemasan. Penarikan tunai secara besar-besaran adalah langkah yang dilakukan karena para nasabah tidak ingin dananya yang disimpan dapat hilang begitu saja.
Dari banyaknya laporan yang diterima dan usaha yang dilakukan oleh pihak kepolisian, maka dalam waktu yang singkat para pelaku pembobolan ATM tersebut dapat di tangkap diberbagai daerah karena mereka sudah melarikan diri dari tempat operasi dan melakukannya secara berpindah-pindah untuk menghilangkan jejak. Dapat diperoleh keterangan kejahatan seperti ini melibatkan orang dalam bank. Sudah sepatutnya kita sebagai calon nasabah lebih selektif memilih bank sebelum menyimpan dananya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Beberapa tips menggunakan kartu ATM:
1.tidak memberikan nomor pin kepada orang lain.
2.periksa dengan baik mesin ATM sebelum digunakan.
3.tidak melakukan penarikan tunai apabila mencurigakan.
4.jangan panik apabila kartu ATM tidak keluar dari dalam mesin setelah digunakan,periksa dahulu nomor customer service sebelum menggunakannya.
5.hati-hati apabila ada orang yang menawarkan bantuan.
6.minta bantuan security yang berjaga di ATM tersebut/polisi apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan.

Banjir lagi..banjir lagi

Salah satu permasalahan tahunan ibukota Jakarta dan daerah lainnya adalah banjir. Sampai saat ini masalah tersebut belum bisa terselesaikan. Pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) adalah salah satu cara yang diharapkan dapat menanggulangi banjir yang secara rutin terjadi di ibukota Jakarta.
Mengapa semua orang saling menyalahkan apabila bencana itu datang? padahal bila dilihat lagi banjir yang terjadi disebabkan kurang pedulinya kita terhadap lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, membuang limbah ke sungai, mendirikan bangunan di tepi sungai, memdirikan bangunan yang tidak menerapkan sistem drainase yang baik,dll.
Tidak ada kata terlambat untuk mencegah banjir datang. Semua itu diperlukan kesadaran dari setiap orang untuk menjaga lingkungan.